+62761-37947 info@rs-syafira.com

Saat ini Indonesia memasuki musim penghujan. Biasanya diwaktu-waktu seperti ini, banyak bermunculan penyakit seperti batuk, pilek, diare, tipus atau bahkan demam berdarah. Nah, agar kesehatan Anda tetap terjaga selama musim hujan, Anda perlu mengikuti tips menjaga kesehatan dimusim hujan berikut ini ya.

Jaga pola makan

Tips menjaga kesehatan dimusim hujan yang pertama adalah mencukupi asupan gizi. Bila tubuh kurang asupan nutrisi membuat daya tahan tubuh menurun. Untuk memenuhi zat gizi tercukupi, Anda perlu menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman seperti air mineral.

Selain itu, jangan sampai lupa memperhatikan frekuensi makan per hari mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Perlu juga mengonsumsi probiotik agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Kegunaan dari probiotik, bisa membantu menjaga usus agar sistem pencernaan lancar. Konsumsilah makanan probiotik seperti tahu, tempe, dan yogurt.

Tidur yang cukup

Tidur sebagai kondisi pemulihan seluruh sistem anggota badan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kualitas tidur untuk menjaga kesehatan. Anak-anak usia 3-5 tahun memerlukan tidur 10-13 jam, anak sekolah usia 6-13 tahun membutuhkan tidur 9-11 jam. Sementara remaja usia 14-17 tahun butuh 8-10 jam. Usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam. Kemudian usia dewasa 26-64 tahun sebaiknya tidur 7-9 jam. Untuk orang yang lanjut usia sebaiknya tidur selama 7-8 jam.

Olahraga

Olahraga juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan dimusim hujan yang perlu dilakukan. Anda hanya perlu meluangkan waktu selama 30 menit setiap hari baik di luar ruangan atau di dalam ruangan. Jadi meskipun hujan, Anda masih tetap bisa berolahraga.

Mencuci tangan dengan air dan sabun secara teratur

Kebiasaan sederhana ini sering sekali dilupakan oleh banyak orang. Padahal ini menjadi salah satu tips menjaga kesehatan dimusim hujan yang cukup penting untuk mencegah penyebaran kuman dan infeksi. Cucilah tangan sebelum makan, ketika menyiapkan makanan, dan setelah dari toilet. Jika Anda melakukannya dengan baik dan benar, maka tubuh tidak akan mudah terkena penyakit musim hujan.

Tidak mengonsumsi makanan dan minuman sembarangan

Tips menjaga kesehatan dimusim hujan selanjutnya, yakni hindari jajan atau makan di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Terutama bila jajanan yang dijual berada di dekat lokasi saluran pembuangan dan air yang tergenang.

Atur stres agar tidak berlebihan

Tidak jarang ketika musim hujan, seseorang mudah mengalami stres. Contohnya, Anda terlambat bekerja karena hujan turun. Secara tidak langsung orang yang mengalami stres akan memberi dampak secara fisiologis, misalnya detak jantung meningkat, mudah letih, dan pikiran menjadi gelisah. Salah satu cara mengelola stres adalah dengan menenangkan diri dengan relaksasi yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Itulah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang sebaiknya Anda lakukan agar tubuh tetap fit. Mudah, bukan? Nah, selain mengikuti tips di atas, Anda perlu juga secara rutin memeriksakan kondisi kesehatan agar bisa terpantau dengan baik. Anda bisa melakukannya di Rumah Sakit Syafira, Pekanbaru, Riau. Rumah sakit Syafira memberikan layanan kesehatan yang menyeluruh dengan teknologi terbaik dan memiliki fasilitas pelayanan yang lengkap seperti layanan Gawat Darurat, Radiologi, Laboratorium dan Farmasi yang hadir selama 24 jam.

Lokasi rumah sakit Syafira terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.134 Pekanbaru, Riau. Jadi, bila Anda sedang berada di Riau, tidak perlu bingung untuk memeriksakan kondisi kesehatan di mana ya. Karena ada rumah sakit Syafira yang dapat Anda andalkan.