+62761-37947 info@rs-syafira.com

Saat menstruasi masih dikategorikan normal, maka hal tersebut dapat diatasi dengan menghindari segala penyebab yang menjadi pemicunya. Namun jika menstruasi termasuk ke dalam ketegori waspada dan berbahaya tentu Anda harus mengetahui penyebab pastinya agar dapat melakukan penanganan lebih lanjut untuk menghindari segala dampak yang akan terjadi.

1.Pil Kontrasepsi

Beberapa pil kontrasepsi dengan dosis rendah diketahui dapat menyebabkan menstruasi menjadi tdidak lancar. Selain itu, alat kontrasepsi lainyya juga dapat menyebabkan perdarahan menjadi tidak normal seperti suntik KB atau penggunaan IUD.

2.Jamur/penyakit

Kelainan rahim, kista dan diabetes merupakan suatu penyakit yang dapat memperburuk kondisi tubuh jika tidak diatasi sesegera mungkin.

3. Perimenopause

Ketika wanita mengalami masa sebelum menopause, hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan mentruasi menjadi berlangsung tidak teratur bahkan lebih pendek atau lebih panjang dari biasanya.

4. Kegagalan ovarium

Kegagalan ovarium ditandai dengan gejala menstruasi yang berhenti selama usia 40 tahun dan bisa disebabkan oleh tindakan bedah kemoterapi. Jika hal ini terjadi maka dapat menyebabkan siklus haid tidak lancar bahkan tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali.

5. Kelenjar tiroid

Fungsi kelenjar tiroid tidak lain untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika kelenjar ini mengalami gangguan maka dapat berpengaruh terhadap siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur. Biasanya diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab pasti dan cara mengatasinya.

6. Hamil

Alasan lain paling umum dari siklus menstruasi tidak lancar yakni kehamilan. Jika periode haid terlewati tes kehamilan bisa Anda lakukan. Terkadang kehamilan juga dapat terjadi pada seorang wanita perimenopause atau bisa jadi tanda dari kehamilan etopik.

7. Aktivitas sehari-hari

Kebiasaan atau aktivitas yang berlebihan dapat menimbulkan rasa capek yang akan memengaruhi kelenjar hipotalamus akhirnya akan memengaruhi hormon menstruasi. Untuk mengatasinya bisa dimulai dengan memporsi akitivitas yang tidak terlalu penting atau tidak dikerjakan sama sekali.

8. Stres

Membuang aktivitas yang dapat membebani pikiran adalah suatu keharusan, tapi bukan berarti Anda tidak memikirkannya. Ada baiknya jika Anda mengurangi suatu pemikiran jika hal tersebut akan membuat anda menjadi stres. Perlu diketahui stres emosional yang berlarut-larut dapat menimbulkan perdarahan tidak lancar.

Berikut adalah 8 penyebab Penyebab Menstruasi menjadi Tidak lancar yang dapat dipaparkan. Jika siklus haid tidak lancar yang anda alami berlangsung lama segera ambil tindakan. Anda bisa konsultasi dengan dokter atau melakukan pengobatan alternatifsecara alami untuk mengatasi permasalahan tersebut. Semoga bermanfaat!