+62761-37947 info@rs-syafira.com

Setiap wanita pada umumnya memiliki siklus menstruasi yang bervariasi. Ada sebagian kaum hawa yang mengalami menstruasi tepat waktu, tapi ada juga wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur atau bahkan sulit diprediksi.

Menstruasi tidak lancar cukup beragam. Mulai dari menstruasi yang datang terlambat atau terlalu cepat, berlangsung terlalu lama atau terlalu singkat, ada juga pendarahan saat menstruasi keluar lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya.

Kondisi normal siklus mestruasi rata-rata berkisar antara 21–35 hari dengan lama perdarahan 2–8 hari. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Apa saja itu? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Gaya hidup

Gaya hidup menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak lancar. Misalnya, kekurangan atau kelebihan berat badan secara drastis, stres, dan olahraga yang berlebihan, bisa berpengaruh pada keseimbangan hormon dan menyebabkan mestruasi tidak lancar. Wanita yang memiliki gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia nervosa juga berpengaruh pada siklus menstruasi.

Olahraga berlebihan

Jangan salah, olahraga memang menjadi aktivitas yang menyehatkan. Tapi, bila dilakukan sesuai dengan porsi yang sesuai. Bila Anda melakukan olahraga secara belebihan, maka tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang berlawanan dengan hormon reproduksi yaitu estrogen dan progesteron.

Kehamilan

Jika Anda berhenti atau terlambat mengalami menstruasi, jangan panik dulu. Coba saja lakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Bila Anda memeriksakan pada dokter, maka ia akan merekomendasikan tes kehamilandan USG.

Menopause

Menopause juga menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Pada umumnya, menjelang menopause, wanita mengalami menstruasi yang tidak lancar. Hal ini dikarenakan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.

Penggunaan kontrasepsi

Penyebab menstruasi tidak lancar juga dapat disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi baik dalam bentuk pil, suntikan, atau implan. Cara-cara tersebut dapat mengganggu siklus mestruasi. Misalnya, keluar flek di antara dua periode menstruasi. Tapi bila Anda menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau spiral sebenarnya tidak mengganggu siklus mestruasi. Hanya saja menimbulkan perdarahan, baik menjadi lebih banyak atau menimbulkan nyeri saat menstruasi.

Adanya masalah pada tiroid

Di bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang bertugas menghasilkan hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid Anda bermasalah, bisa menjadi penyebab menstruasi tidak teratur.

Sedang stres

Bila Anda sedang mengalami stres berat, bisa jadi berpengaruh pada siklus menstruasi Anda. Ketika Anda sedang dalam keadaan stres atau depresi, hypothalamus, yakni bagian otak yang mengatur hormon siklus mestruasi menjadi terpengaruh. Hal ini membuat hormon pengatur jadi tidak seimbang dan menstruasi pun jadi tidak teratur.

Sindrom ovarium polikistik (SOPK)

Dalam indung telur (ovarium) pada wanita yang mengalami penyakit ini, akan muncul kista-kista kecil (kantong berisi cairan). Kista-kista ini muncul karena tidak terjadi pelepasan sel telur (ovulasi) pada wanita dengan SOPK. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Hormon testosteron bisa meningkat melebihi batas normal. Padahal seharusnya pada wanita hormon testosteron hanya muncul sedikit saja.

Itulah 6 penyebab menstruasi tidak lancar yang sebaiknya diketahui. Bila Anda sudah merasa jika siklus menstruasi tidak selancar bulan-bulan sebelumnya, sebaiknya segera perisakan pada dokter ahli agar bisa diketahui penyebab menstruasi tidak lancar dan segera diberikan penanganan yang tepat.

Anda bisa berkunjung ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk memudahkan Anda melakukan pemeriksaan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Syafira, Pekanbaru, Riau. Rumah sakit Syafira memberikan layanan kesehatan yang menyeluruh dengan teknologi terbaik dan memiliki fasilitas pelayanan yang lengkap seperti layanan Gawat Darurat, Radiologi, Laboratorium dan Farmasi yang hadir selama 24 jam. Lokasi rumah sakit Syafira juga dapat diakses dengan mudah, yakni terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.134 Pekanbaru, Riau.